Lifestyle

Cara Mendidik Anak Dalam Tumbuh Kembang 3 Tahun

tumbuh kembang 3 tahun

Jika anak sudah berusia 3 tahun, biasanya ia sudah mengalami banyak peningkatan dan perubahan dalam sisi fisik ataupun juga motorik.

Anak usia 3 tahun biasanya sudah bisa melakukan berbagai sesuai secara mandiri meskipun belum sempurna dilakukan. Seperti misalnya mencuci tangan, makan, minum dan sebagainya.

Nah, sebagai orang tua, kira kira langkah apa sih yang dapat dilakukan ketika anak berada pada tumbuh kembang 3 tahun.

Mendidik Anak 3 Tahun

  1. Mengendalikan Emosi

Dari sisi emosi, anak usia 3 tahun sudah bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya, baik berupa marah, sedih ataupun kecewa. Di titik tertentu anda mungkin kenal dengan istilah yang dinamakan tantrum pada anak kecil.

Di usia ini anda harus lebih banyak mengarahkan bagaimana untuk mengendalikan emosi si kecil. Cara cara perlakuan yang baik dapat meredakan emosi anak sekaligus membentuk karakter anak dari sisi emosional.

  1. Ajarkan Nilai Agama

Jika anak anda beragama Muslim. Sebaiknya anda mulai mengajarkan anak anda pada nilai nilai agama yang baik, seperti misalnya mengaji ataupun hal hal lainnya yang bersifat keagamaan.

Bagaimanapun jika agama seorang anak baik, akhlak nya pun akan ikut baik. Dengan seperti itu diharapkan nanti ia akan tumbuh dengan nilai nilai tinggi kebaikan dan juga ketaatan.

  1. Ajarkan Kedisiplinan

Pada usia 3 tahun, anda harus mulai membiasakan anak anda untuk hidup disiplin. Anda bisa memulainya dari hal hal terkecil seperti misalnya merapikan mainan mainannya ataupun membereskan piring sisa makanannya.

Dengan seperti itu, diharapkan sikap disiplin akan tumbuh dalam dirinya sehingga bisa terbawa sampai ia menginjak dewasa nanti.

  1. Ajarkan Untuk Berbagi dan Menghormati

Sebuah nilai yang banyak hilang dari anak anak jaman sekarang adalah nilai menghormati dan menghargai antar sesama. Sebagai orang tua anda harus mulai mengajarkan nilai ini selagi ia masih kecil.

Ajarkan untuk memberi pada orang lain, misalnya ketika anda ingin memberi uang pada pengemis, suruhlan anak anda yang memberikannya. Dengan seperti itu diharapkan ia akan terbiasa berbagi ketika nanti sudah dewasa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.