Parapuan

Marak Saving Money Challenge di Kalangan Fans K-Pop, Perlukah Diikuti?

Saving money challenge adalah budaya yang ada di kalangan fans K pop. Saving money challenge adalah tantangan untuk diri mereka sendiri supaya menabung dengan nominal tertentu, tujuan tertentu, dan jangka waktu yang mereka tentukan sendiri. Contohnya adalah menabung nominal tertentu ketika idolanya update di media sosial atau melakukan live.

Contoh lainnya adalah menabung dalam kurun waktu sebulan atau dua bulan sebelum jadwal comeback idolanya. Echa (30) yang merupakan penggemar boy group Korea EXO mengungkapkan bahwa tantangan pada s aving money challenge ala fans Kpop bisa berbeda beda. Ada yang menabung dalam jumlah tertentu selama satu bulan yang jumlah tabungan hariannya ditentukan berdasarkan tanggal.

Contohnya Rp1000 di tanggal 1 hingga Rp30 ribu di tanggal 30 setiap bulan. Selain itu Errisha (28) yang merupakan penggemar BTS memberikan contoh lain di manapenggemar menabung dalam jumlah tertentuketikasang idolameng update media sosialnya. Kegiatan menabung bisa dilakukan rutin atau menjelang grup idola comeback , bias berulang tahun, maupun pembelian merchandise khusus.

Meski boleh jadi memudahkan penggemar untuk menyisihkan uang, rupanya tak semua fans Kpop mengikuti tantangan menabung ini. Walau beda fandom Echa dan Erisha ternyata punya kesamaan memilih untuk tidak ikut saving money challenge . Mereka punya cara tersendiri untuk menyisihkan uang demi fangirling grup kesayangan mereka.

Echa mengaku dirinyatidak menabung secara khusus demi EXO, melainkan cukup menahan keinginan untuk mengeluarkan uang di kebutuhan lain. "Enggak, aku enggak ikut. Enggak perlu menabung juga selama bisa menahan diri buat jajan sesuai kemampuan," kata Echa yang sudah jadi penggemar sejak EXO debut. Sementara itu, Errisha tipe penggemar yang merasa menabung dengan sistem saving money challenge terlalu rumit untuk dirinya pribadi.

Selagi bisa membeli album dan merchandise BTS tanpa menabung secara khusus, maka ia memilih untuk menyisihkan uang jajan saja. "Aku tahu saving money challenge , tapi enggak ikut karena enggak bisa nabung dengan cara itu," ungkap penggemar berat Suga BTS ini. Senada dengan itu, kedua penggemar tersebut juga mengaku tidak menyiapkan rekening khusus untuk belanja item Kpop.

Menurut mereka, kuncinya ialah mengatur pengeluaran. Selama masih bisa mengatur pengeluaran, mereka tampak tak perlu khawatir besar pasak daripada tiang buat menjalani hobi mengoleksi item Kpop. Meski tidak berlaku bagi Echa dan Errisha, saving money challenge sendiri dapat membantu penggemar lain karena sekaligus membuat mereka belajar disiplin menabung.

Cara menabung ini juga dapat membantu penggemar Kpop memisahkan kebutuhan fangirling dengan yang lain, semisal biaya sekolah dan kuliah dan sebagainya. Bagaimana cara kamu menabung memang dikembalikan pada kenyamanan dirimu sendiri. Namun, seperti kata Echa dan Errisha, kuncinya ialah pengeluaran yang wajar. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.