Superskor

Melaju ke Semifinal dengan Clean Sheet, Ini Kunci Timnas Inggris Belum Kebobolan di Euro 2021

Bek Timnas Inggris Harry Maguire memuji penampilan timnya atas capaian cleansheet atau belum pernah kebobolan hingga semifinal Euro 2021. Lima pertandingan telah dilakoni Inggris di ajang Euro 2021 ini, mulai dari fase penyisihan grup, 16 besar hingga terakhir perempat final. Kini pasukan Gareth Southgate akan melakoni laga semifinal Euro 2021 melawan Timnas Denmark.

Capaian cleansheet alias belum kebobolan menjadi modal berharga skuat Inggris dalam menghadapi Tim Dinamit Denmark. The Three Lions sejauh ini telah mencetak delapan gol ke gawang lawan dan sama sekali belum pernah kebobolan. Terakhir mereka bahkan meraih kemenangan besar 4 0 saat melawan Ukraina.

Hasil tersebut juga sekaligus menjawab kritikan yang datang pada Tim Negeri Elizabeth ini. Pasalnya, saat fase grup lalu Inggris hanya bisa mencetak dua gol saja, jumlah yang paling sedikit untuk pemuncak grup lolos fase gugur Euro. Capaian Inggris yang menjaga gawangnya untuk belum kebobolan ini banyak dielu elukan para fansnya.

Prestasi ini tak lepas dari strategi Southgate yang mampu membaca permainan lawan dan mencoba untuk mematikannya. Saat berhadapan dengan tim besar Jerman di 16 besra lalu, Soutghate memainkan formasi tiga bek sejajar dan strategi itu berhasil mematikan serangan Jerman. Menghadapi tim yang lebih kecil seperti Ukraina di perempat final lalu, Inggris kembali bermain dengan empat bek di belakang.

Anak anak Southgate dengan cepat menerapkan pressing ketat ketika lawan memegang bola. Bek Timnas Inggris, Harry Maguire mengatakan, kunci clean sheet timnas Inggris bukan terletak dari para beknya saja, tapi juga para striker dan kiper. “Bukan hanya kami para bek, ini adalah penjaga gawang, itu berasal dari tim, itu berasal dari pangkalan, fondasi,” kata Maguire.

Rekan rekannya, terutama di lini depan, dengan cepat menerapkan pressing ketat ketika lawan memegang bola. Hal itulah yang salah satunya berkontribusi penting dalam capaian cleansheet ini. "Itu datang dari penyerang yang menekan bola dan bekerja tanpa lelah," kata pemain bernomor punggung enam ini.

“Selama set play kami solid, tetapi yang paling penting adalah memenangkan pertandingan dan menjaga clean sheet memungkinkan kami melakukan itu,” sambungnya. Penampilan Inggris sejauh ini memang cukup solid. Mereka memainkan bola dari kaki ke kaki, dan cepat menutup pergerakan lawan saat kehilangan bola. Maguire sendiri mengatakan, timnya akan berfokus pada setiap pertandingan yang dijalani.

Jauh sebelum gelaran Euro dimulai, timnya telah menargetkan untuk membawa pulang Piala. "Memenangkan itu adalah tujuan sebelum turnamen dan itu tetap menjadi tujuan sekarang," Maguire. Stadion Wembley di London, Inggris akan menjadi tempat pertandingan semi final Euro 2020 antara Inggris vs Denmark, pada Kamis 8 Juli 2021, pukul 02.00 WIB dinihari.

Semifinal Euro 2021 ini menjadi capaian terbaik semenjak Inggris ke semifinal Euro 1996 yang akhirnya kalah adu penalti dari Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.