Lifestyle

Sebelum Beli Tiket Kereta Surabaya Jakarta, Simak! Protokol Kesehatan dan Syarat Naik Kereta

Setelah membeli tiket kereta Surabaya Jakarta, selanjutnya ketahui protokol kesehatan dan syarat naik kereta, yang diberlakukan sejak pandemi Covid-19. Protokol kesehatan dan persyaratan ini tertuang dalam Surat Edaran nomor 89 Tahun 202, yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan, sebagai berikut.

1. Wajib Vaksinasi Minimal Dosis Pertama

Persyaratan yang satu ini bisa dibuktikan dengan menunjukkan kartu vaksin pada petugas, bisa juga menunjukkannya lewat aplikasi Peduli Lindungi. Namun, ketentuan ini dikesampingkan, bagi penumpang berusia kurang dari 12 tahun.

2. Memenuhi Persyaratan PCR atau Antigen

Penumpang wajib menyertakan hasil tes RT-PCR (2×24 jam) atau Rapid Antigen (1×24 jam) yang dinyatakan negatif. Hasil tes ini diwajibkan bagi kereta api yang menempuh perjalanan jauh, sehingga tidak diwajibkan pada perjalanan kereta api lokal.

3. Anak Kurang dari 12 Tahun Boleh Naik Kereta

Anak kurang dari 12 tahun diperbolehkan menaiki kereta api lokal/komuter/aglomerasi hingga  jarak jauh, dengan didampingi orang tua atau keluarga. Hal ini dibuktikan dengan menyertakan kartu keluarga, anak yang menaiki kereta perjalanan jauh wajib memenuhi syarat tes Covid-19.

4. Harus Melampirkan Surat Bagi yang Tidak Bisa Divaksin

Penumpang yang mengalami kondisi kesehatan khusus atau komorbid, sehingga tidak bisa divaksin, maka harus menunjukkan surat keterangan dokter. Surat ini berasal dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa pihak terkait belum atau tidak bisa memperoleh vaksin.

5. Bepergian dalam Kondisi Sehat

Penumpang bepergian dalam kondisi sehat, jadi tidak diare, flu, demam, batuk, hingga tidak kehilangan daya penciuman. Pastikan suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

6. Tidak Makan atau Minum dalam Kereta

Dalam kereta, penumpang diwajibkan menjaga jarak, menggunakan masker dengan benar, serta tidak berbicara satu atau dua arah. Penumpang juga dianjurkan mencuci tangan, serta tidak diperbolehkan makan maupun minum dalam perjalanan yang kurang dari dua jam.

Pentingnya mengetahui protokol kesehatan setelah membeli tiket kereta Surabaya Jakarta, agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman. Kini, ketentuan naik kereta sedikit berbeda sejak pandemi Covid-19, ketentuan ini berlaku untuk mencegah penyebaran virus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.