Lifestyle

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 91-105 Disertai Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan

Berikut bacaan surat Al Baqarah ayat 91 105, disertai tulisan arab, latin, dan terjemahan. Al Baqarah terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah. Surah ini merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Al Qur'an.

Al Baqarah merupakan surat ke 2 dalam Al Qur'an. Dikutip dari , berikut bacaan surat Al Baqarah ayat 91 105: Artinya: Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Berimanlah kepada apa yang diturunkan Allah (Al Qur'an),” mereka menjawab, “Kami beriman kepada apa yang diturunkan kepada kami.”

Dan mereka ingkar kepada apa yang setelahnya, padahal (Al Qur'an) itu adalah yang hak yang membenarkan apa yang ada pada mereka. Katakanlah (Muhammad), “Mengapa kamu dahulu membunuh nabi nabi Allah jika kamu orang orang beriman?” Artinya: Dan sungguh, Musa telah datang kepadamu dengan bukti bukti kebenaran, kemudian kamu mengambil (patung) anak sapi (sebagai sesembahan) setelah (kepergian)nya, dan kamu (menjadi) orang orang zalim. Artinya: Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji kamu dan Kami angkat gunung (Sinai) di atasmu (seraya berfirman), “Pegang teguhlah apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!” Mereka menjawab, “Kami mendengarkan tetapi kami tidak menaati.”

Dan diresapkanlah ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah patung) anak sapi karena kekafiran mereka. Katakanlah, “Sangat buruk apa yang diperintahkan oleh kepercayaanmu kepadamu jika kamu orang orang beriman!” Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Jika negeri akhirat di sisi Allah, khusus untukmu saja bukan untuk orang lain, maka mintalah kematian jika kamu orang yang benar.” Artinya: Tetapi mereka tidak akan menginginkan kematian itu sama sekali, karena dosa dosa yang telah dilakukan tangan tangan mereka. Dan Allah Maha Mengetahui orang orang zalim.

Artinya: Dan sungguh, engkau (Muhammad) akan mendapati mereka (orang orang Yahudi), manusia yang paling tamak akan kehidupan (dunia), bahkan (lebih tamak) dari orang orang musyrik. Masing masing dari mereka, ingin diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkan mereka dari azab. Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al Qur'an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab kitab) yang terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang orang beriman.”

Artinya: Barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat malaikat Nya, rasul rasul Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang orang kafir. Artinya: Dan sungguh, Kami telah menurunkan ayat ayat yang jelas kepadamu (Muhammad), dan tidaklah ada yang mengingkarinya selain orang orang fasik. Artinya: Dan mengapa setiap kali mereka mengikat janji, sekelompok mereka melanggarnya? Sedangkan sebagian besar mereka tidak beriman.

Artinya: Dan setelah datang kepada mereka seorang Rasul (Muhammad) dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka, sebagian dari orang orang yang diberi Kitab (Taurat) melemparkan Kitab Allah itu ke belakang (punggung), seakan akan mereka tidak tahu. Artinya: Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan setan pada masa kerajaan Sulaiman. Sulaiman itu tidak kafir tetapi setan setan itulah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babilonia yaitu Harut dan Marut. Padahal keduanya tidak mengajarkan sesuatu kepada seseorang sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanyalah cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kafir.” Maka mereka mempelajari dari keduanya (malaikat itu) apa yang (dapat) memisahkan antara seorang (suami) dengan istrinya.

Mereka tidak akan dapat mencelakakan seseorang dengan sihirnya kecuali dengan izin Allah. Mereka mempelajari sesuatu yang mencelakakan, dan tidak memberi manfaat kepada mereka. Dan sungguh, mereka sudah tahu, barangsiapa membeli (menggunakan sihir) itu, niscaya tidak akan mendapat keuntungan di akhirat. Dan sungguh, sangatlah buruk perbuatan mereka yang menjual dirinya dengan sihir, sekiranya mereka tahu. Artinya: Dan jika mereka beriman dan bertakwa, pahala dari Allah pasti lebih baik, sekiranya mereka tahu. Artinya: Wahai orang orang yang beriman! Janganlah kamu katakan, raa'inaa, tetapi katakanlah, “Unzhurnaa” dan dengarkanlah.

Dan orang orang kafir akan mendapat azab yang pedih. Artinya: Orang orang yang kafir dari Ahli Kitab dan orang orang musyrik tidak menginginkan diturunkannya kepadamu suatu kebaikan dari Tuhanmu. Tetapi secara khusus Allah memberikan rahmat Nya kepada orang yang Dia kehendaki. Dan Allah pemilik karunia yang besar.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.